Assalamu’alaykum warrahmatullah

Sobat entrepreneur

Untuk menjalankan bisnis memang bukanlah perkara yang mudah dan banyak resikonya. Banyak pertimbangan yang perlu kita pikirkan sebelum memulai bisnis. Makanya, perlu kesiapan mental dan persiapan matang agar usahanya bisa berjalan dengan lancar.

Nah, apakah saat ini Anda sedang berniat mendirikan sebuah bisnis dan ingin menjadi seorang Pengusaha, namun masih bingung harus mulai dari mana? silahkan simak 6 hal versi Global Perizinan yang perlu Anda ketahui :

1. Lakukan Riset & Tentukan Target Pasar

Bisnis offline atau online yang tidak bertahan lama biasanya disebabkan oleh perencanaan yang kurang matang di awal sehingga owner bingung menentukan langkah lanjutan untuk bisnisnya. Untuk pebisnis pemula, riset sederhana bisa dilakukan dengan wawancara, diskusi atau paling mudah dengan survei online.

Dan sekaligus menawarkan sample produk (bila sudah ada) kepada konsumen dan meminta tanggapan mereka. Selain melakukan riset konsumen, lakukan juga riset terhadap kompetitor. Dengan ini Anda bisa menemukan tantangan dalam bidang bisnis yang dijalankan. Manfaatkan juga data-data yang tersedia di internet untuk mendapatkan informasi mengenai kompetitor Anda.

2. Membuat Proposal Bisnis

Jika Anda sudah menemukan ide bisnis yang cocok, maka mulailah membuat rencana bisnis dalam bentuk proposal. Susun kerangka bisnis anda mulai dari visi dan tujuan bisnis, buat nama usaha dan Logo, tentukan produk barang atau jasa, perkirakan anggaran dana yang dibutuhkan, hingga target pasar yang diinginkan. Dengan adanya proposal bisnis ini, tentu akan lebih mudah dalam menjalankan bisnis dari awal.

3. Ikuti Seminar atau Pelatihan Tentang Bisnis

Ikuti seminar atau pelatihan dengan materi yang mencakup studi manajemen keuangan, keterampilan berkomunikasi, ilmu marketing, tips dan trik sukses dalam bisnis, dan sebagainya yang berkaitan dengan bisnis. Selain itu, Anda juga perlu menambah relasi lewat networking yang biasanya diadakan dalam seminar tersebut. Jangan ragu untuk memperkenalkan diri kepada orang lain demi menambah relasi.

4. Urus Perizinan Usaha Biar Bisnis Mendunia

Untuk mewujudkan visi bisnis Anda yang berkelanjutan dan tidak terhenti sebatas usaha kecil saja, maka masalah legalitas atau kelengkapan perizinan usaha sangat penting untuk diperhatikan, agar usaha Anda dapat leluasa berekspansi dan mendapat perlindungan hukum, seperti urus pendirian PT, CV, Daftar merek, Paten dan Surat Izin Usaha lainnya.

5. Siapkan Modal Usaha

Apa hambatan terbesar seseorang ketika mau buka usaha? Yap, salah satunya adalah masalah modal. Terkadang bukan berarti tidak punya modalnya sama sekali, tapi kadang tidak tahu bagaimana cara menghitung modalnya.

Jadi, pertanyaan yang paling sering muncul ketika seseorang mau buka usaha adalah: modal apa saja yang harus disiapkan? Untuk awal membangun usaha,, ada 3 jenis modal yang perlu Anda siapkan. Yaitu : Modal investasi awal, Modal kerja dan Modal operasional.

6. Siapkan Strategi Penjualan dan Pemasaran

Sebagai bagian dari kerangka bisnis, strategi pemasaran merupakan hal vital guna meningkatkan penjualan dan pencapaian omzet yang maksimal. Strategi penjualan lebih menekankan pada produk, sementara strategi pemasaran mengutamakan keinginan pelanggan, namun keduanya bertujuan mendatangkan profit yang maksimal. Contohnya seperti promo diskon, voucher hadiah, memasang iklan atau bisa menggunakan jasa Digital marketing.

Demikianlah beberapa hal yang perlu disiapkan dalam memulai bisnis baru. Semoga tulisan ini bisa memberikan Anda inspirasi dalam memulai usaha.

Semangat berusaha dan sukses selalu.