Sobat entrepreneur, Kamu tahu apa itu Nomor Induk Berusaha atau yang biasa disebut NIB??

Nomor Induk Berusaha (NIB) adalah identitas pelaku usaha dalam rangka melaksanakan kegiatan berusaha sesuai bidang usaha masing-masing. NIB ini wajib dimiliki pelaku usaha perseorangan dan badan usaha. Anda dapat mengurusnya secara online melalui website OSS. Setelah mendapatkan NIB ini, maka bisa melanjutkan mengurus Perizinan usaha lainnya.

Siapa saja yang dapat mengurus NIB dan perizinan berusaha secara online?

Yaitu semua pelaku usaha dengan karakteristik sebagai berikut:
Badan usaha (PT, CV atau semisalnya) maupun perorangan
● Pelaku UMKM seperti toko online, supplier, penjahit, jasa perorangan, usaha rumahan baik via online atau offline, produsen cemilan, dll
● Usaha perorangan/badan usaha yang baru berdiri maupun yang sudah berdiri sebelum berlakunya OSS.
● Usaha dengan modal yang seluruhnya berasal dari dalam negeri, maupun terdapat komposisi modal asing (PMA)

Berdasarkan PP Nomor 24 Tahun 2018, NIB sekaligus juga berlaku sebagai :
• Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
• Angka Pengenal Impor (API), jika pelaku usaha akan melakukan kegiatan impor
• Akses Kepabeanan, jika pelaku usaha akan melakukan kegiatan ekspor dan/atau impor

Bagaimana Sih Cara Memperoleh NIB?

Untuk memperoleh NIB, pemilik usaha diharuskan log-in pada sistem OSS, mengisi data-data yang diperlukan seperti akta pendirian perusahaan berisi profil perusahaan, nilai investasi, dan rencana penggunaan tenaga kerja asing jika diperlukan. Yang paling penting, pastikan untuk mengisi informasi bidang usaha yang sesuai dengan 5 digit Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) di samping informasi KBLI 2 digit yang terdapat dalam AHU.

Adanya sistem OSS dan NIB (Nomor Induk Berusaha) dapat membantu proses perizinan usaha menjadi lebih mudah dan cepat. Agar dapat merasakan manfaatnya, pemilik usaha wajib memahami aturan dan sistem yang berlaku agar proses pengisian data perusahaan berjalan lancar dan dokumen perizinan pun dapat diperoleh dengan mudah.

Apa yang Terjadi Bila Pengusaha Tak Memiliki NIB?

Hal ini tidak menguntungkan baik bagi perusahaan maupun pengusaha perorangan, di antara yang utama adalah Aktivitas usaha Anda akan terhambat dan terganggunya aktivitas usaha hariannya. Ketika Anda tidak mengurus atau memiliki NIB, bisa dipastikan Anda juga tak akan bisa mengajukan surat izin usaha yang lain, seperti izin restoran, supermarket, izin apotik, izin konstruksi atau SIUJK, SIUP dll. Maka dampaknya pun sangat besar, aktivitas usaha Anda akan dianggap ilegal. Selain itu untuk pembukaan rekening bank atas nama perusahaan sudah ada persyaratan terbaru yaitu disyaratkan adanya NIB. Dengan kata lain, jika perusahaan membutuhkan pengembangan usaha maka kepemilikan NIB merupakan sebuah keniscayaan.

Yuk sobat entrepreneur segera urus NIB Anda sekarang?!

Gak mau ribet dan pusing untuk mengurusnya? Hubungi Kami Sekarang